Rabu, 25 April 2012

Zaini-Muzakir Bertemu Mendagri

* Bicarakan Beasiswa dengan Dubes
JAKARTA - Roadshow gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf berlanjut, Selasa (24/4) siang. Pejabat Jakarta yang mereka temui adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di Kantor Kementerian Dalam Negeri.

Paginya, rombongan Zaini-Muzakir didampingi Pemangku Wali Nanggroe Malik Mahmud, Zakaria Saman, dan sejumlah petinggi Partai Aceh (PA) bertemu Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia. Pertemuan tersebut membahas peluang investasi dan kerja sama bidang pendidikan dan kebudayaan, termasuk menyediakan fasilitas beasiswa untuk Aceh.

Mendagri Gamawan Fauzi menyatakan, Pemerintah Aceh yang baru memiliki peluang mengembangkan Aceh secara terbuka dan luas. Hal itu dimungkinkan, karena Aceh memiliki empat modal utama, yaitu adanya jaringan atau network internasional yang memungkinkan masuknya investasi, memiliki dana Otsus yang besar, serta keunggulan sumber daya manusia, dan sumber daya alam.

Mendagri juga menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pilkada yang berjalan aman, damai, dan tanpa gangguan.

Gubernur terpilih Zaini Abdullah menyatakan, Pemerintah Aceh yang baru akan berusaha sekuat tenaga memanfaatkan kesempatan memajukan Aceh. “Kami akan berusaha keras, kami memang menginginkan Aceh menjadi lebih baik lagi,” kata Zaini.

Pemangku Wali Nanggroe, Malik Mamhud seusai pertemuan menjelaskan bahwa rangakaian kunjungan tersebut, termasuk kepada Mendagri, adalah bentuk ungkapan terima kasih dan penghargaan karena telah membantu Aceh. “Kami datang menyampaikan terima kasih,” katanya.

Tanggapi gugatan

Menanggapi gugatan pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan ke Mahkamah Konstitusi (MK) tentang hasil pilkada, gubernur terpilih Zaini Abdullah mengatakan, itu adalah hak setiap warga negara dalam negara yang demokratis. “Itu hak setiap orang (melakukan gugatan),” kata Zaini yang siang itu mengenakan setelan jas dan dasi.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai berbagai tindak kekerasan menjelang pilkada yang dialamatkan kepada PA, secara diplomatis, Zaini mengatakan, hal itu adalah tugas aparat penegak hukum untuk menanganinya. “Kita serahkan saja kepada proses hukum,” ucap Zaini.

Mendagri Gamawan Fauzi dalam pertemuan itu didampingi Dirjen Otonomi Daerah, Prof Djohermansyah Djohan dan juru bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moelek.

Sementara delegasi gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf terdiri atas Malik Mahmud, Zakaria Saman, Hasbi Abdullah, Dr Iskandar A Gani SH, Juru Bicara PA Fachrul Razi, dan lain-lain.

Juru bicara menambahkan, setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan pejabat Jakarta, gubernur/wakil gubernur terpilih melanjutkan kunjungan ke beberapa kedutaan besar negara sahabat di Jakarta. (fik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar